Sejarah SBI

SBI didirikan dan diresmikan oleh KH.Tauhidullah Badri selaku pengasuh pesantren Badridduja pada Ahad, 9 Oktober 2016 di Pondok Pesantren Badridduja Kraksaan Probolinggo.

Dalam kesempatan ini mengambil tema, “Menguak Historis Perjuangan KH.Badri Mashduqi”. Narasumber yang membedah adalah :

1. Sahabat perjuangan KH.Badri Mashduqi, KH.Dubes. Tosari Widjaja, eks Maroko.

2. Perwakilan keluarga besar Alm.KH.Badri Mashduqi yaitu KH.Musthafa Qutbi Badri, MA.

Hadir dalam kesempatan ini, Ketua PC.NU Kota Kraksaan (KH.Nasrullah Ahmad Suja’i), Sekretaris MUI Kabupaten Probolinggo (KH.Syihabuddin Shaleh), Ketua Umum Masjid Agung Ar- Raudlah Kraksaan (KH.Sa’dullah Asy’ari).

Harapan semua pihak yang hadir pada kesempatan ini, Kiai Musthafa mengatakan, tujuan didirikannya THE SYAIKH BADRI INSTITUTE (SBI) adalah mewujudkan prinsip-prinsip KH.Badri Mashduqi untuk mengembangkan dan menyebarluaskan pemikiran-pemikiran Islam Ahlussunnah wal Jama’ah, di mana dalam sejarahnya, menurut Kiai Musthafa, Almarhum KH.Badri Mashduqi sangat berani dan tegas dalam membela ajaran Islam Ahlussunnah wal Jama’ah.

Sementara KH.Tauhidullah Badri menyampaikan dalam sambutannya bahwa KH.Badri Mashduqi mempunyai kemampuan spritual dengan tetap tidak mengenyampingkan syari’at Islam.

Begitu juga harapan besar disampaikan oleh KH. Dubes. Tosari Widjaja bahwa The Syaikh Badri Institute diharapkan menjadi sumber informasi dan mampu menginterpretasikan setiap permasalahan- permasalahan yang terjadi di tengah- tengah masyarakat. Kiai Tosari ini sebenarnya tdk dikenal sbg Kiai, beliau lbh dikenal sbg Anggota Dewan dari PPP pd masa Orde Baru dan juga dikenal sbg Dubes untuk Maroko. Oleh karena dia menyampaikan sendiri di saat beliau mengisi pada Peresmian SBI, ” Yang belum saya punyai adalah cita-cita untuk jadi Kiai”, tegas Pak Tosari. Nah, setelah narasumber berikutnya, KH.Mustofa, menyatakan, “Mulai hari ini kita nobatkan Pak Tosari sebagai Kiai Tosari”. Hadirin serentak mengamininya penyampaian Kiai Mustofa tsb.
Jadi, pada peresmian SBI ini betul-betul barokah, acara ini bisa mendeklarasikan nama Pak Tosari menjadi Kiai Tosari. Dan, memang Kiai Tosari menyampaikan sendiri bhw sudah beli sejumlah hektar tanah di Sukabumi Jawa Barat untuk pendirian Pesantren. Dengan demikian, The Syaikh Badri Institute atau SBI di awal berdirinya, barokah…

Sebagai lembaga yang masih baru, tentu saja keberadaan THE SYAIKH BADRI INSTITUTE (SBI) merespon segala masukan- masukan yang positif dan konstruktif untuk SBI sehingga keberlangsungan lembaga ini sesuai harapan semua pihak. SBI siap melangkah maju…

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed