Kasih Sayang Kiai Badri Agar Santri Terhindar dari Penyakit ‘Ain

KH.Badri Mashduqi sangat sayang kepada santrinya. Beliau tidak ingin santrinya suatu saat menjadi santri yang justeru mengalami penyakit ‘Ain. Apa yang dimaksud penyakit ‘Ain? Penyakit ‘ain adalah penyakit yang disebabkan oleh pengaruh buruk pandangan mata, yaitu pandangan mata yang disertai rasa takjub atau bahkan iri dan dengki terhadap yang dilihatnya.

Karena itu, terdapat sebuah hadits yang diriwayatkan dari Sayyidatina ‘Aisyah, yang artinya: “Dari Aisyah radhiyallahu ‘anha, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, bersabda: Berlindunglah kepada Allah dari ‘Ain (mata jahat) karena sesungguhnya pengaruh ‘ain itu haq (nyata).” (HR. Ibnu Majah).

Bagaimana bentuk kasih sayang KH.Badri Mashduqi kepada santrinya, agar santrinya terhindar dari penyakit ‘ain? Berikut ini kisah dari santri KH.Badri Mashduqi yaitu, Ma’ruf (H.Ma’ruf Hasyim), Rangkang, Kraksaan, Probolinggo:

Saya ditugasi ngurusi bangunan oleh KH.Badri Mashduqi. Saya yang mencarikan kuli bangunan. Dulu di Pondok Pesantren Badridduja terdapat menara air di sebelah barat pondok. Menurut anggapan saya, kerja saya sudah maksimal. Tapi oleh Kiai Badri, kerja saya dipandang masih belum maksimal. Jadi, beliau memandang kerja saya kurang cocok. Sehingga saya pada waktu itu emosi (merasa sakit hati), sampai-sampai saya tidak keluar kamar, sementara pekerjaan bangunan itu saya biarkan begitu saja. Dua hari kemudian, saya didekati oleh Kiai Badri dan beliau menasihati saya:

“Oreng mon egigirin guruna banni bajhi.’ Tape ekemanen. Tako’ ekenneng ‘ain dhari Allah (Orang jika dimarahi oleh guru bukannya guru itu benci. Tapi dikasihani. Takut [dikawatirkan] mendapat penyakit ‘ain dari Allah.”

Begitulah pelajaran berharga dari KH.Badri Mashduqi kepada santrinya yang bernama Ma’ruf. Semoga kita sebagai santri tetap semangat bekerja, membantu guru dan selalu taat kepada guru, karena gurulah pembimbing kita menuju surga Allah Subhanahu wa Ta’ala. Aamiin.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed