Kh.Badri Mashduqi, Sang Pejuang Bela Pancasila

Dalam buku ajar “Muatan Lokal (Mulok) KH.Badri Mashduqi” kelas VII (SMP/MTs)—sebuah buku yang dipersiapkan untuk mata pelajaran pada tahun pelajaran 2019/2020—, terdapat di dalam sub pembahasannya, “Singa Podium, Bela Asas Tunggal Pancasila” dijelaskan, begitu tingginya atensi atau perhatian KH.Badri Mashduqi dalam membela Pancasila. Bagi Kiai Badri, Pancasila bukan sebatas slogan tapi bagaimana agar Pancasila menjadi sebuah nilai yang mengimplementasi—bak lampu penerang yang selalu memancar—dalam kehidupan sehari-hari.

Keteguhan hati dan keberanian Kiai Badri dalam menyampaikan tentang pentingnya menegakkan nilai-nilai Pancasila, ditegaskan oleh sahabat perjuangan semasanya, KH. Alawy Muhammad (Pengasuh Pesantren at-Taraqqi, Sampang, Madura):

KH.Badri Mashduqi adalah sosok pejuang yang tangguh dan teguh pendirian. Kenapa dia harus ditahan? Karena dia memang terkenal berani. Walaupun selalu diincar oleh penguasa atau oknum Orde Baru, dia tidak gentar dan surut. Itu memang pendiriannya. Di podium, KH.Badri Mashduqi lantang menyampaikan bahwa Pancasila itu dasar negara. Akan tetapi, dalam praktiknya jika pemerintahan Indonesia tidak sesuai dengan nilai dan hakikat Pancasila maka dengan tegas dia mengkritiknya. Lantaran itulah, KH.Badri Mashduqi mengatakan, “Kalau begitu, Pancasila itu Pencak silat. Pencak pokolan, Pancasila yang seharusnya nilai-nilainya dijunjung tinggi malah dianggap rendah dan tak ada artinya.” Karena itulah KH.Badri Mashduqi sampai ditahan.

Awal bulan ini (1 Juni 2019) kita diingatkan, 1 Juni ditetapkan sebagai Hari Lahir Pancasila. Kita tentu berharap besar agar Pancasila menjadi nilai-nilai yang dapat diimplementasikan sampai kepada generasi dan generasi seterusnya. Sejarah telah mencatat bahwa lahirnya Pancasila tidak segampang apa yang kita bayangkan. Karena itulah KH.Badri Mashduqi menegaskan: “Mustahil Pancasila ini muncul dalam panggung sejarah kenegaraan kita kalau tidak karena tertanamnya ajaran-ajaran Islam di persada Indonesia”

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed